REVIEW JURNAL SKRIPSI "ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN"

Sabtu, 30 November 2013


Pada pembahasan kali ini, saya akan mereview jurnal skiripsi yang disusun oleh Chairul Amri dan Dr. Untara, S.E.,M.M. adapun judul skripsinya adalah   ”ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN”










Berikut Review jurnal yang saya buat :
A.      Pendahuluan
Sejarah perkembangan akuntansi, yang berkembang pesat setelah terjadi revolusi industri, menyebabkan pelaporan akuntansi lebih banyak digunakan sebagai alat pertanggung jawaban kepada pemilik modal (kaum kapitalis) sehingga mengakibatkan orientasi perusahaan lebih berpihak kepada pemilik modal mengakibatkan perusahaan melakukan eksploitasi sumber-sumber alam dan masyarakat (social) secara tidak terkendali sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan alam dan akhirnya mengganggu kehidupan manusia. Beberapa peristiwa akibat perusahaan yang tidak mengindahkan tanggung jawab sosial yang mengakibatkan kerusakan lingkungan masih sering terjadi. Sebagai contoh adalah kasus PT Freeport Indonesia di Papua, kasus PT Newmont di Buyat, atau bahkan lebih fenomenal yaitu kasus lumpur panas di ladang migas PT Lapindo Brantas di Sidoarjo. Kasus seperti ini seharusnya dapat membuat perusahaan meyadari bahwa masyarakat merupakan bagian dari lingkungan perusahaan. Hadirnya perusahaan di tengah-tengah masyarakat seharusnya tidak memberikan kerugian yang besar, namun sebaliknya memberikan manfaat yang berarti bagi masyarakat.

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebenarnya telah menjadi perbincangan sejak beberapa dekade lalu, dan kini juga tengah marak gaungnya baik di tingkat nasional maupun global. Telah banyak perusahaan yang menyatakan bahwa CSR adalah penting karena perusahaan sesungguhnya tidak hanya memiliki tanggung jawab ekonomis kepada para shareholders mengenai bagaimana memperoleh profit yang besar, namun perusahaan juga harus memiliki sisi tanggung jawab sosial terhadap stakeholders di lingkungan tempat perusahaan beroperasi
B.      Metode  Penelitian
·         Jenis Penelitian
Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mengungkap besar atau kecilnya suatu pengaruh atau hubungan antar variabel yang dinyatakan dalam angka-angka, dengan cara mengumpulkan data yang merupakan faktor pendukung terhadap pengaruh variabel-variabel yang bersangkutan kemudian menganalisis dengan menggunakan alat analisis yang sesuai dengan variabel – variabel dalam penelitian.
·         Populasi dan sampel
Populasi adalah jumlah seluruh objek yang karakteristiknya hendak diduga (Handoko, 2008). Populasi penelitian ini merupakan perusahaan yang masuk didalam kategori LQ45 yang terdaftar di BEI. Adapun kriteria – kriteria yang dalam pengambilan sampel adalah sebagai berikut:
1.        Perusahaan yang masuk atau tergabung dalam kategori LQ45 yang mencakup dan bertahan selama tahun 2008- 2010 dengan mengambil bedasarkan LQ45 periode 2008 sampai dengan 2010.
2.        Emiten memiliki data rasio keuangan yang berkaitan dengan pengukuran variabel lain yang diperlukan dan mempunyai data keuangan lengkap, yaitu laporan keuangan audit per 31 Desember dan harga saham closed date yang dapat diandalkan kebenarannya pada tahun 2008-2010.
2.
·         Jenis dan sumber data
Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan auditan perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2008 – 2010 yang telah dipublikasikan. Data dalam penelitian ini juga diperoleh dari homepage BEI yaitu www.idx.co.id.
·         Variable yang digunakan
1.       Variable dependen
Variable dependen adalah variable yang dipengaruhi oleh variable independen.
2.       Variable independen
Variable independen adalah variable yang mempengaruhi variable lain.
C.      Hasil dan Pembahasan
·         Analisis Regresi linier berganda
Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menentukan seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependennya. Berikut adalah tabel hasil output persamaan regresi dari penelitian ini.



 Persamaan regresi linier berganda dengan 3 variabel independen sebagai berikut :

Y = a + C1X1 + C2X2 + C3X3
Y = -1,274 + 0,046X1 + (-0,707X2) + 6,452X3
Berdasarkan persamaan regresi yang didapat, diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan adalah variabel CSR. Hal ini disebabkan karena CSR memiliki nilai koefisien regresi yang paling tinggi.
·         Uji Signifikasi Parsial



Dari pengujian statistik terhadap parameter-parameter regresi secara parsial atau individual. Didapat ROE dan CSR berpengaruh signifikan terhadap Tobin'Q. Sedangkan KM tidak berpengaruh signifikan.

·         Uji Signifikan Serentak (uji f)





Pengujian statistic terhadap parameter-parameter regresi secara bersam-sama. Hal ini untuk membandingkan antara f-hitung dengan f-table, dengan tingkat signifikasi 5%, dfl = 3, df2= 53. Dengan criteria pengujuan sebagai berikut :
ü  Jika Ftabel > Fhitung, maka tidak berpengaruh signifikan
ü  Jika Ftabel < Fhitung, maka berpengaruh signifikan


Yang diperoleh adalah diketahui bahwa nilai dari F hitung adalah sebesar 7,499 sedangkan nilai Ftabel dengan df1 = 3 dan df2 = 53 pada α = 5% adalah 2,78 yang berarti Ftabel < Fhitung maka dengan demikian menolak hipotesis nol. Bahwa secara keseluruhan variabel CSR, GCG dan ROE berpengaruh terhadap variabel Tobinsq.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar