PENTINGNYA KEJUJURAN AUDITOR DALAM MENGATASI PENGGELAPAN PAJAK

Selasa, 23 Oktober 2012

      Auditor merupakan seseorang yang memeriksa atau bahkan memberikan rekomendasi terhadap suatu laporan keuangan perusahaan sehingga laporan tersebut dapat di pertanggung jawabkan dan dapat menambah efisiensi perusahan dr rekomendasi tersebut. tentunya kejujuran dr seorang auditor sangat di perlukan, mengingat betapa pentingnya jabatan auditor tersebut. 

 Masalah penggelapan pajak yang biasa dilakukan oleh perusahaan yang bekerja sama dengan seorang auditor antara lain:

1.     Memanipulasi Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN) ke kantor pajak.
2.     Memaksimalkan biaya yang telah dikeluarkan agar dapat dibebankan sebagai pengurang penghasilan
3.     Memilih berbagai alternatif transaksi yang memberikan efek beban pajak terendah
4.     Melaporkan penjualan lebih kecil dari yang seharusnya
5.     Pemalsuan dokumen keuangan perusahaan
Contohnya, Dugaan penggelapan pajak (IM3 diduga melakukan penggelapan pajak). Dengan cara memanipulasi Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN) ke kantor pajak untuk tahun buku Desember 2001 dan Desember 2002. Jika pajak masukan lebih besar dari pajak keluaran, dapat direstitusi atau ditarik kembali. Karena itu, IM3 melakukan restitusi sebesar Rp 65,7 miliar. 750 penanam modal asing (PMA) terindikasi tidak membayar pajak dengan cara melaporkan rugi selama lima tahun terakhir secara berturut-turut. Dalam kasus ini terungkap bahwa pihak manajemen berkonspirasi dengan para pejabat tinggi negara dan otoritas terkait dalam melakukan penipuan akuntansi. Manajemen juga melakukan konspirasi dengan auditor dari kantor akuntan publik dalam melakukan manipulasi laba yang menguntungkan dirinya dan korporasi, sehingga merugikan banyak pihak dan pemerintah.
Dalam kasus tersebut, sangat menyiratkan bahwa kejujuran seorang auditor sangat dipertanyakan untuk saat ini. Kalau sudah begitu, bagaimana kita bisa mempercayai auditor dalam mengaudit operasional perusahaan?.
Untuk menjawab masalah tersebut, sebaiknya pihak pemerintah dan DPR perlu segera membentuk tim auditor independen yang kompeten dan kredibel untuk melakukan audit investigatif atau audit forensik untuk membedah laporan keuangan.
Kunci utama untuk menjadi seorang auditor adalah kejujuran. Karena dengan kunci utama tersebut, akan dihasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan tidak dirugikannya pihak manapun khususnya auditor itu sendiri. Dengan begitu, seorang auditor dapat memberikan rekomendasi yang efektif dan efisien. Sehingga profit perusahaan dapat membaik dan pendapatanpun akan meningkat.


Rheza Arifiandhi (25210842)

0 komentar:

Posting Komentar